Friday, June 10, 2011

Yummy Tom Yam

Seperti yang udah pernah saya bilang di salah satu postingan, I love cooking, very much! Ga jarang saya ngajakin temen-temen saya untuk masak bareng. Nah, setelah minggu kemaren saya dan temen-temen KKN yang cewek-cewek bikin spaghetti sosis plus nugget tempe di kost saya, hari ini giliran masak bareng di kost Pudut, temen KKN yang lain. Menunya adalah Tom Yam. Cara bikinnya gampang, ga mahal bahan-bahannya, dan yang pasti maknyuuuss.. Check it out! :D




Bumbu-bumbu yang dibutuhin:
- 3 bungkus Bumbu pasta Tom Yam *gue pakenya Adabi*
- 5-6 batang sereh, tergantung besarnya
- 10 lembar daun jeruk
- 3 buah jeruk nipis besar *bisa diganti asem jawa, tapi ga tau banyaknya*
- 10 buah cabe merah keriting
- 10 buah cabe rawit merah *banyaknya cabe tergantung selera*
- 1 siung bawang bombay
- garam
- lada bubuk


Untuk isiannya:
- Jamur kuping atau jamur merang
- Bakso ikan
- Udang pacet dengan kulit *kalo mau pake udang galah boleh banget tuh :p*
- Cumi dan atau kerang
- Tofu atau tahu sutera *tambahan aja sih, biasanya ga ada Tom Yam pake tahu, haha*


Cara buatnya:
- Pertama-tama masak air dalam panci, pastikan pancinya besar kalo yang makan lebih dari 3 orang ya. Soalnya isiannya bakal penuh banget.
- Terus masukin bumbu-bumbu yang udah dipotong-potong, kecuali bumbu pasta, jeruk nipis, sama bawang bombay.
- Tumis bawang bombay sama bumbu pasta sebentar, sampe wangi. Terus masukin ke panci yang isinya rebusan bumbu. Harusnya dari pustaka yang gue baca *jiailaaaah, emangnye skripsi?!?* bumbu pasta sama bawang bombay dimasukkin bareng bumbu-bumbu yang lain, tapi biar beda aja gitu dari yang laen makanya gue tumis *nyengir* *dikeplak masa*
- Terakhir masukin semua isian yang juga udah dipotong-potong sama air jeruk nipis. Aduk-aduk sampe rata dan biarin sampe mendidih.
- Jangan lupa sebelum diangkat dicicipin dulu ya, siapa tau kurang apaaaa gitu ;)


Voila! Tom Yam 'ala 155 siap disantap. Don't forget the rice, 'kay! Oh iya, sekedar info, bumbu-bumbu di atas dipake untuk Tom Yam porsi 5-6 orang. Selamat mencoba!

1 comments:

zpudjiastuti said...

oke, ini ada koreksi dikit dari si empunya resep:

pertama, harusnya cabe merah diulek halus trus ditumis bareng irisan bombay, daun jeruk & sereh geprek. baru deh dimasukin ke air mendidih yg udah ada bumbu pastanya. untuk cabe rawitnya biarin utuh, klo mau pedas tinggal dipletusin sendiri.

kedua, lebih enak lagi klo isiannya direbus secara terpisah dulu, baru dicampur klo udah mau dimakan.

sekian, saudara2..

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
;