Wednesday, March 28, 2012

BORED

Oh, jadi gini ya rasanya NGANGGUR. BOSEN. Wanna know what else?

Harap-harap cemas. Gampang BT. Suka tersinggung. BOSEN.

Oke. Mungkin saya agak lebay, tapi sumpah ya, yang saya alami di rumah setelah sebulan selesai diwisuda adalah kebosanan tingkat tinggi. Bukan bosen cari kerja. Bukan bosen usaha. Bosen yang saya rasain adalah akibat dari kurangnya kerjaan di rumah. Bukan kerjaan-kerjaan rumah semacam nyapu dan nyuci baju yang saya maksud karena kerjaan begituan banyak banget di rumah saya. Maklum lah, nyokap ga punya asisten rumah tangga. Saya bosen karena ga ada lagi kerjaan-kerjaan kayak waktu saya masih jadi anak kos.
Nah. That is the point. Saya kangen jadi anak kos.

Entah kenapa, biarpun kerjaan yang saya kerjain sepele (nyuci, masak, ngewarnet, keluyuran. red), tapi selama 4 tahun lebih di Jogja saya hampir ga pernah ngerasain bosen. Herannya lagi, setiap ada waktu pulang ke rumah, baru seminggu udah ga tau lagi mau ngapain. Mau ke mana. Sama siapa.

Because of what I’ve been through for the past three weeks, saya SANGAT iseng menganalisis masalah kebosanan saya. Saya mikirin akar masalahnya, hal-hal yang menjadi katalisnya, lalu coba cari solusinya. (Iya, saya tau, saya emang lebay.)

Oke. Jadi, saya bukan cuma bosen karena BENER-BENER nganggur, tapi juga bosen denger ceramah nyokap soal APAPUN yang dianggapnya salah. Ga tau kenapa, sejak memasuki usia 50 tahun, Mama hobinya ngomongin orang. Siapapun, ga pandang bulu. Bahkan Papa termasuk objek penderitanya. Yah, bukannya saya ngerasa sok suci apa gimana ya. Saya juga sering suka gossip, apalagi nggosipin temen. Masalahnya Mama HAMPIR SELALU ngomongin kejelekan orang, jarang banget ngomongin kebaikannya. Katanya sih: “Buat pelajaran kamu, Mbak.”. Saya pikir, Oke lah Ma, kalo sekali-sekali, tapi kalo hampir tiap kali? Akhirnya saya cuma bisa mingkem dengerin atau senggol-senggolan sama adek saya karena nyindir Mama buat berenti ngomongin kejelekan orang tampaknya sia-sia. At least for now.

Selanjutnya, saya bosen sama campur tangan ortu dalam masalah cari kerja. Intinya Mama-Papa saya adalah orang tua yang SUPER perhatian, dalam segala hal, yang kadang bikin saya ngerasa jengkel. Bukannya saya ga bersyukur atau gimana, tapi sering banget saya ngerasa kalo mereka berlebihan. Misalnya dalam hal cari lowongan pekerjaan. Coba angkat tangan, barangsiapa di antara kalian yang orangtuanya nyuruh buka e-mail SETIAP HARI buat ngecek apakah ada panggilan kerja dari perusahaan yang udah kalian lamar. Ada? Atau mungin ada yang bapaknya selalu buka J**SDB.com atau JOBST***T.com untuk ngecek ada ga lowongan yang sesuai buat kalian? Atau mungkin ada yang ibunya selalu ngecek koran setiap hari untuk liat lowongan kerjaan terus di highlight di bagian yang dirasa cocok buat kalian? Atau mungkin ada di antara kalian yang orang tuanya sibuk nanya-nanya ke sanak famili yang udah sukses, siapa tau ada temennya yang buka lowongan kerjaan yang sesuai di bidang kalian?

See what I’m talking about?

Halloooooooooo?! Saya sampe mikir, apa mereka pikir saya segitu ga bisa diandalin dan ga inisiatifnya kah sampe harus dikasih perlakuan layaknya anak TK? Saya juga ngerti gimana tata cara ngelamar kerjaan yang bener. Saya bisa cari info sendiri. Saya mau usaha SENDIRI. I can take care of myself really fine.

Phew.. Isn’t pride really means something?

Setelah menelaah berbagai masalah di atas, saya sampai pada kesimpulannya. Ternyata saya kangen jadi anak kos. Kangen sama kebebasan, lebih tepatnya. Bebas bikin keputusan sendiri, bebas melakukan kerjaan buat diri sendiri, bebas mengeluarkan uang buat keperluan sendiri, bebas keluyuran bareng temen-temen.

Saya kangen punya wewenang untuk mengatur hidup saya sendiri tanpa ada campur tangan orang lain.

What a selfish person I am, huh?

Lalu apa solusinya? Hmm, let see. Gimana caranya biar saya bisa seneng dengan cara sendiri, bebas ngatur hidup saya sendiri, dan ga sering-sering ada di rumah? Yup, kerja di luar kota! Sekarang tinggal gimana  kerasnya usaha saya dan apakah doa saya dikabulin sama Yang Maha Kuasa. Insya Allah, amiin..

Udah ya, segini dulu. Nyokap udah mulai banting-banting barang tuh. Artinya saya harus segera menyingkir dari depan komputer dan mulai kelihatan sibuk. Mungkin habis ini saya mau nyapu. Biar nyokap seneng.

Hidup ini keras, teman!


2 comments:

-kieky- said...

i've been there darl, just be patient!! keep trying and praying, i believe in rejeki ga kemana :D

jangan2 masalah jodoh bokap nyokap lo ikutan nyariin jugaaa hahahahaahahahaha *kaboorrrr*

zpudjiastuti said...

huhuhu, makasi nasihatnya, mbak..

nah, klo soal jodoh mah, ntar2an aje dah ye mikirinnye :P

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
;