Tuesday, May 31, 2011

It's so fluffy, I'm gonna die!

 Akhirnya posting lagi setelah seminggu terbengkalai, huhuhu.. Berhubung hari masih pagi, mood cukup stabil, dan udah waktunya sarapan, mari kita bahas makanan. Makanan apa ya yang enak dan cocok buat sarapan? Hmm.. oooh, saya tau, PANCAKE! *ngebayangin sambil ngiler duluan*

Well, actually I'm not really into pancake. I prefer waffle cause it has unique shape. Kayaknya lebih asik aja gitu makannya, haha.. *alasan tidak berdasar* You know what's the difference between them, no? Okay, I'll try to explain a little bit. Waffle adalah sejenis cake yang dibuat dengan adonan cair (batter/dough-based cake) terus dimasak dalam cetakan. Negara-negara di Eropa biasanya punya khas bentuk dan rasa waffle sendiri. Kalo di Brussels, Belgia, bentuk waffle cuma kotak persegi panjang, sementara di Liege, kota lain di Belgia, bentuknya oval dengan rasa yang lebih manis dan chewy. Di negara-negara Skandinavia, waffle dibuat dalam cetakan berbentuk hati, sedangkan di Amerika biasanya bulat dan lebar.

Apa bedanya waffle sama pancake? Sebenernya untuk adonan, isi dan kombinasinya sama, cuma bentuknya aja yang beda. Di Amerika dan Inggris, pancake dibuat di frying pan, tanpa cetakan, dengan bentuk bulat dan ketebalan yang lebih tipis dibanding waffle. Orang Perancis menyebut pancake mereka dengan nama crepe, penampakannya lebih tipis, sementara di Indonesia kita menyebutnya serabi, dan di Jepang ada yang mengkategorikan okonomiyaki sebagai jenis dari pancake. Waaah, ternyata begitu yaaa, saya juga baru tau, hahaha.. *hasil googling dan nemu di wikipedia*

Okay, sekian pendahuluannya. Sekarang saya mau ngasih tau resep pancake yang oke punya dan gimana cara buatnya. Resepnya gue dapet dari temen kampus saya, Nina, dia emang seneng bereksperimen di dapur. Gue udah coba hasil eksperimennya ini dan ternyata hasilnya mantaaaab! *ngacungin dua jempol* Siap-siap ngiler yeee ;P

Bahan-bahan yang dibutuhin:
200 ml susu cair full cream
1 sdm cuka
1 sdm air jeruk nipis

165 gram tepung terigu protein sedang
10 gram baking powder
60 gram gula pasir

1 butir telur
30 gram margarine, lelehkan

Cara bikinnya:
  1. Susu cair dipanasin terus tambahin air cuka dan air jeruk nipis, diamkan 10 menit biar agak menggumpal. Hasilnya nanti disebut buttermilk.
  2. Campur terigu, baking powder dan gula pasir sampai rata.
  3. Tuang buttermilk ke adonan kering, aduk sampai ga seberapa menggumpal lagi.
  4. Campur margarin cair dengan telur, terus dikocok. Tuang dalam adonan, aduk rata. Penampilan adonan kental ini yang bikin pancake jadi lebih tebel dan fluffy.
  5. Panasin wajan anti lengket (teflon), lumuri tipis-tipis dengan margarine cair. Kalo wajannya udah panas, tuang satu sendok sayur adonan. Lebih bagus klo punya cetakan pancake jadi sekali bikin bisa banyak. Kalo ga ada, coba cari teflon persegi terus tuang adonannya di tiap sudut wajan. Nanti bentuknya jadi kayak kipas.
  6. Klo udah muncul lubang-lubangnya, balik pancakenya. Diusahakan jangan gosong ya.
Udah jadiii, silakan dikreasikan sendiri mau dioles jam, selai, jelly, ditaburi mesis sama parutan keju juga boleh. Kalo kemaren sih saya bikin sirup karamel sendiri dari gula pasir sama air, hehe..

Ini hasil kreasi gue, cantik kaaaaan..


Selamat membuat dan mencicipi pancake buatan kalian sendiri! :D

0 comments:

Post a Comment

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

 
;